Monday, December 17, 2018

Mengenal Sejarah Cleaning Service di Indonesia

Sejarah cleaning service atau lebih dekenal dengan OB (OfficeBoy) dibuka abad ke 17, berdiri perusahaan Frankfurt Cleaning Industry sesudah perang di Jerman Utara. Proyek kesatu mereka yaitu mencuci tembok dan mobil memakai sikat. Kemudian mereka mulai menggunakan ember, tangga, dan sapu guna mendapat proyek lain.

Pada abad ke 19, cleaning service menjadi semakin diperlukan setelah revolusi industri. Kemudian penduduk negara Prancis, Marius Moussy menegakkan institute kesucian Prancis yang mempunyai nama Franzosisches Reinigungsinstitut tahun 1878, dengan focus sebagai pembersih kaca gedung.

Seiring berjalannya waktu, karyawan Moussy menyaksikan peluang besar dan menegakkan perusahaan sejenis, namun tidak melulu membersihkan kaca gedung. Mereka mulai merambah dengan mencuci gedung perkantoran dan stasiun. Pada tahun 1934 menjadi sejarah cleaning service terbesar, dimana pemerintah Jerman mengakui profesi ini menjadi brand  dagang Negara.

Sekarang tidak cukup lebih telah ada 34.000 perusahaan cleaning service, sejumlah perusahaan diantaranya sudah menjangkau 100 tahun berdiri. Bahkan menjadi seorang cleaning service professional mesti lulus edukasi strata D3. Jika hendak membuat prusahaan sendiri, ada tidak sedikit proses yang mesti dilewati dan memakan tidak sedikit waktu. 

Seiring berjalannya waktu, perusahaan cleaning service merambah keseluruh dunia tergolong Indonesia. sejarah cleaning service di Indonesia lumayan panjang, hingga akhirnya semakin banyak seperti ketika ini.

sejarah cleaning service
baca juga artikel mengenai cleaning service bekasi

Sejarah Cleaning Service di Indonesia

Perjalanan sejarah cleaning service di Indonesia dari kesatu kali masuk, sampai ketika ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Hal ini dibuka pada tahun :

- 1960
Pada tahun ini perusahaan cleaning service belum tidak sedikit berkembang, karena ketika tersebut belum tidak sedikit gedung atau perusahaan berdiri. Proses penanganan guna kebrsihan perkantoran saatu itu dilaksanakan oleh pegawai mereka sendiri dengan teknik yang simpel bermodal kain lap, sapu ijuk, pengki, kemoceng, kain pel, dan ember. Sementara guna cairan pembersih memakai sabun coleh atau deterjen yang dikumpulkan air.

baca juga mengenai cleaning service bandung

- 1970
Di tahun 1970 ini terdapat pembangunan Hotel Indonesia, bersamaan dengan itu muncul perusahaan yang bergerak dalam bidang cleaning service mempunyai nama PT Setrasari. Pada sejarah cleaning service di Indonesia perusahaan ini menjadi perusahaan cleaning service kesatu. 

- 1980
Manggala Wanabakti sebagai gedung dari kementrian kehutanan Indonesia didirikan, urusan ini pun menjadi momentu untuk menciptakan trobosan baru dalam dunia bisnis cleaning service. Pada era 80 itu, Manggala menjadi gedung terbesar dan termegah dengan detai permukaan yang rumit dengan bahan parquet. 

Karena ornament mempunyai detail yang paling rumit di masing-masing ruangannya, maka guna membersihkannya memerlukan tenaga ahli supaya tidak merusak ornament tersebut. Franz Tjhandra Purnama menyaksikan peluang ini dengan membawa bendera PT Resik Cemerlang guna pemeliharaan gedung Manggala Wanabakti.

Setelah penanda tanganan kerjasama antar kedua belah pihak, Franz mengindikasikan keseriusan dalam bisnis cleaning service dengan memberi sekian banyak  inovasi. Berdasarkan keterangan dari sejarah cleaning service di Indonesia, dia menciptakan perubahan penanganan dengan moderenisasi. Dimana mereka mengadopsi sistem cleaning service asal Paman Sam – Belanda.

Terobosan-terobosannya terbilang paling berani guna perusahaan cleaning service baru di Indonesia. PT Resik Cemerlang melakukan pembelian bebagai bahan kimia dari Jerman dan Belanda, bahkan mereka melakukan pembelian sprayer, scruber, dan low spee polisher guna memfasilitasi pegawainya dalam bekerja.

- 1983
Sebagai kesatu kalinya dalam sejarah cleaning service di Indonesia, Franz memanggil seorang trainer asal Belanda guna membantu membina sistem kerja yang terdapat diperusahaan. Rini S. Bono pernah terdaftar sebagai di antara Hospitality Trainer untuk melatih para pegawai dari PT Resik Cemerlang dan teknik memberi pelayanan dengan standard Internasional.

Franz Tjhandra Purnama ialah sorang pemimpin yang memberi perhatian besar untuk karyawannya. Dimana dia memberi bayaran untuk karyawan dalam masa training, hingga akhirnya mereka lolos dan menjadi karyawan tetap dari perusahaannya.
baca juga terkait jasa bersih rumah bekasi

- 1996
Franz memberika THR (tunjangan hari raya) untuk setiap karyawannya sebesar 3 kali lipat gajinya, sampai-sampai menjadi sejarah cleaning service yang menyerahkan THR kesatu. Bersama itu, dia pun membuat ketentuan ketat untuk perangkat dan penampilan karyawannya. 

Setiap karyawan di larang merawat jambang, kumis, dan jenggot serta rambut mesti tidak jarang kali dengan potongan rapih (tidak gondrong). Di samping itu, masing-masing pegawai akan diserahkan tas eksklusif untuk membawa minuman, sepatu, seragam khusus, dan topi untuk karyawan yang bekerja di luar ruangan.

Bukan melulu itu, masing-masing karyawan bakal mendapat latihan khusus untuk membaur bahan kimia pembersih. Hal ini menciptakan penyeleksian penerima karyawan paling berat kala itu, karena untuk dapat lolos mereka mesti menghafal semua perlengkapan dan bahan kimia yang dipakai dengan bahasa Jerman dan Belanda sebagai nama aslinya.

Tidak heran, andai PT Resik Cemerlang adalahsatu-satunya perusahaan cleaning service dengan taraf Internasional di Indonesia, dengan memakai sistem service Eropa. Sejarah cleaning service pun mencatatnya sebagai pelopor kesatu di Indonesia dalam mengadopsi dalam modernisasi cleaning service.

1 comment:

  1. Sangat menarik dan membuat pembaca mengetahui bagaimana proses masuknya Cleaning Service di indonesia. Sekarang di medan juga sudah banyak seperti Jual Jasa Poles Lantai Medan
    . ini sangat membantu agar lantai yang kusam, kembali mengkilap dan indah dipandang

    ReplyDelete

Pembersihan Rumah - Pembersihan Yang Disesuaikan Bagi Memenuhi Kebutuhan Anda

Jika kita telah berusaha untuk mendapatkan sejumlah jenis pesanan di lokasi tinggal Anda, kita dapat mencarter jasa tata graha profesional d...